Pendidikan adalah usaha yang sengaja diadakan baik langsung maupun dengan cara yang tidak langsung untuk membentuk anak dalam perkembangannya mencapai kedewasaannya.
Pendidikan menurut pandangan ahli merupakan suatu proses belajar dan penyesuaian individu secara terus menerus terhadap nilai budaya dan cita-cita masyarakat yang meliputi aspek kehidupan untuk mempersiapkan mereka agar mampu mengatasi segala tantangan.
pendidikan Islam adalah bimbingan yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada anak didik dalam masa pertumbuhan agar ia memiliki kepribadian muslim. Dalam hal ini Zakiyah Darajat mengemukakan bahwa orang tua merupakan pendidikan pertama bagi anak-anak mereka, Pendidikan Islam pada khususnya membentuk sikap hidup yang dijiwai oleh nilai-nilai agama Islam dan juga mengembangkan kemampuan pengetahuan dengan nilainilai Islam.
Di dalam khazanah pemikiran Islam, terutama karya-karya ilmiah berbahasa Arab, terdapat berbagai istilah yang dipergunakan oleh ulama dalam memberikan pengertian tentang pendidikan Islam dan sekaligus diterapkan dalam konteks yang berbeda.
Ilmu pendidikan Islam adalah ilmu pendidikan yang berdasarkan Islam. Ilmu pendidikan Islam juga bisa dikatakan sebagai ilmu pendidikan yang berdasarkan al Qur’an, hadits. Pendidikan Agama Islam yang dimaksud disini ialah usaha yang berupa asuhan dan bimbingan terhadap anak didik agar kelak setelah selesai pendidikannya dapat memahami dan mengamalkan ajaran Islam serta menjadikannya sebagai pandangan hidup[4].
Pengertian pendidikan yang dikemukakan oleh para ahli pendidikan zaman sekarang belum terdapat pada masa rosulullah, tetapi usaha dan aktifitasnya dalam urusan agama telah mencakup arti pendidikan zaman sekarang diantara pakar pendidikan banyak yang memberikan pengertian dengan versi yang berbeda-beda, tetapi pada dasarnya mempunyai maksud yang sama.
Pendidikan adalah usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk dengan pengaruhnya meningkatkan si anak ke kedewasaan yang selalu diartikan mampu menimbulkan tangung jawab moral dan segala perbuatannya.
Ilmu pendidikan Islam adalah ilmu yang mempelajari tentang membimbing dan membina mental anak didik sesuai dengan ajaran Islam yang bersumber pada al-Qur’an dan hadits.
Pendidikan mempunyai fungsi sebagai instrument penyiapan generasi bangsa yang berkualitas dan pendidikan memiliki peran artikulasi dalam membekali seseorang dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan. pendidikan sebagai instrumen transformasi nilai-nilai luhur dari satu generasi kegenerasi berikutnya. Ilmu pendidikan Islam merupakan ilmu pengetahuan karena pendidikan berdasarkan atas tujuan tertentu dan tidak membiarkan anak tumbuh secara sendirinya sesuai dengan
keinginannya, Pada saat itu seseorang pendidik dituntut untuk mengunakan nilainilai yang sudah diterima oleh aturan etika dan akidah umum masyarakat tersebut.
Pendidikan
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, “Pembentuk
watak dan Peradaban bangsa dan martabat” merupakan salah satu esensi utama dari
ajaran agama, dan pendidikan agama sebagai salah satu media yang sangat
strategis untuk pembudayaan itu
Pendidikan
Islam tidak hanya bersifat teoritis saja, tetapi juga praktis. Ajaran Islam
tidak memisahkan antara iman dan amal saleh. Oleh karena itu, pendidikan Islam
adalah sekaligus pendidikan iman dan pendidikan amal.
Jadi dapat disimpulkan bahwa ilmu pendidikan Islam adalah ilmu yang mempelajari tentang upaya membimbing dan membina peserta didik yang dilakukan dengan bertanggungjawab, serta memiliki kemampuan untuk mendidik sesuai dengan ajaran Islam yang bersumber pada al-Qur’an dan hadits.
B. Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam
Pendidikan Islam mempunyai ruang lingkup yang sangat luas, dikarenakan banyak pihak yang ikut sereta terlibat baik langsung atau tidak langsung. Adapun pihak yang ikut serta atau terlibat dalam pendidikan Islam sekaligus menjadi ruang lingkup pendidikan Islam itu adalah :
1. Perbuatan mendidik itu sendiri
Adapun yang dimaksud dengan perbuatan mendidik disini adalah seluruh kegiatan, perbuatan dan sikap yang dilakukan oleh pendidikan sewaktu menghadapi dan mendidik peserta didik.
2. Peserta didik
Adapun peserta didik merupakan objek terpenting dalam pendidikan. Dikarenakan perbuatan mendidik itu dilakukan hanyalah untuk membimbing anak didik kepada tujuan pendidikan Islam yang kita cita-citakan.
3. Dasar dan tujuan pendidikan Islam
Adapun yang menjadi Dasar pendidikan Islam sebagaimana pendapat yang menyatakan bahwa dasar pendidikan agama Islam adalah meliputi
“dasar ideal yaitu Pancasila, dasar konstitusional adalah Undang-undang Dasar 1945 dan bertujuan meningkatkan keimanan, pemahaman siswa tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
4. PendidikPendidik yaitu melaksanakan pendidikan Islam. Pendidik ini juga sangat mempunyai peranan penting terhadap keberlangsungnya proses pendidikan.
5. Materi Pendidikan Islam
Materi pendidikan Islam adalah bahan atau pengalaman belajar ilmu agama Islam yang disusun dan untuk disajikan ataupun disampaikan kepada peserta didik dalam belajar.
6. Media pendidikan Islam
Adapun pengertian media pendidikan adalah perentara atau pengantar pesan pendidikan dari pengirim ke penerima pesan (siswa). dan dapat membuat minat serta perhatian siswa dalam proses belajar mengajar.
7. Evaluasi pendidikan
Evaluasi pendidikan yaitu bagaimana cara untuk melaksanakan dan mengadakan evaluasi pendidikan atau sebuah penilaian yang baik terhadap peserta didik yang sedang belajar.
8. Lingkungan sekitar
Lingkungan sekitar ialah keadaan disekitar kita yang ikut berpengaruh dalam proses pelaksanaan hasil pendidikan Islam.
Sumber :
AT-TA’LIM Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam e- ISSN: 2656-9728, p-ISSN: 2656-971X Volume 3, Edisi 1 (April 2021), www.ejournal.an-nadwah.ac.id.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar