Metode tutor sebaya (peer teaching) adalah kegiatan belajar mengajar di kelas yang memberi kesempatan pada siswa untuk mengajarkan dan berbagi ilmu pengetahuan atau ketrampilan pada siswa yang lain untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar agar temannya tersebut bisa memahami materi dengan baik. Tutor sebaya dapat memberi rasa nyaman pada siswa karena pada umumnya hubungan antara teman lebih dekat dibandingkan hubungan guru.
Teknik pembelajaran dengan metode tutor sebaya dilaksanakan dengan
membagi kelas dalam kelompok-kelompok kecil, yang sumber belajarnya
bukan hanya guru melainkan juga teman sebaya yang pandai dan cepat dalam
menguasai suatu materi tertentu. Dalam pembelajaran ini, siswa yang
menjadi tutor hendaknya mempunyai kemampuan yang lebih tinggi
dibandingkan dengan teman lainnya, sehingga pada saat dia memberikan
bimbingan ia sudah dapat menguasai bahan yang akan disampaikan.
Proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan tutor sebaya merupakan
pembelajaran yang mandiri, karena siswa menggantikan fungsi guru untuk
membantu temannya yang mengalami kesulitan belajar. Adapun tujuannya
adalah untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yaitu dalam hal
meningkatkan prestasi dan motivasi belajar anak.
Berikut definisi dan pengertian tutorial sebaya dari beberapa sumber buku:
- Menurut Makarao (2009), tutor sebaya adalah metode pengajaran yang memberi kesempatan pada siswa untuk mengajarkan dan berbagi ilmu pengetahuan atau ketrampilan pada siswa yang lain.
- Menurut Ahmadi dan Supriyono (2004), tutor sebaya adalah metode pembelajaran dimana beberapa siswa ditunjuk atau ditugaskan untuk membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar agar temannya tersebut bisa memahami materi dengan baik.
- Menurut Ischak (1987), tutor sebaya adalah teman sekelas yang telah tuntas terhadap bahan, yang memberikan bantuan pada siswa yang menemui kesulitan dalam memahami bahan yang dipelajari, tutor sebaya ini diharapkan siswa tidak malu dan takut bertanya pada temannya sendiri tentang bahan ajar yang belum dipahami.
- Menurut Winataputra (1999), tutor sebaya adalah kegiatan belajar siswa dengan memanfaatkan teman sekelas yang mempunyai kemampuan lebih untuk membantu temannya dalam melaksanakan suatu kegiatan atau memahami suatu konsep.
- Menurut Arjanggi dan Suptihatin (2010), tutor sebaya adalah suatu metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara memberdayakan siswa yang memiliki daya serap tinggi dari kelompok siswa itu sendiri untuk menjadi tutor bagi teman-temannya, dimana siswa yang menjadi tutor bertugas untuk memberikan materi belajar dan latihan kepada teman-temannya (tutee) yang belum paham terhadap materi atau latihan yang diberikan guru dengan dilandasi aturan yang telah disepakati bersama dalam kelompok tersebut, sehingga akan terbangun suasana belajar kelompok yang bersifat kooperatif bukan kompetitif.
Prinsip-Prinsip Tutor Sebaya
Tutor sebaya pada dasarnya merupakan metode pembelajaran yang menuntut adanya partisipasi aktif dari peserta didik dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Terdapat beberapa prinsip dalam metode tutor sebaya yang perlu diketahui agar proses belajar siswa menjadi aktif, yaitu (Ahmadi dan Supriyono, 2004):a. Stimulasi belajar
Pesan yang diterima siswa dari guru melalui informasi biasanya dalam bentuk stimulus. Stimulus tersebut dapat berbentuk verbal/bahasa, visual, auditif, taktik, dan lain-lain. Ada dua cara yang mungkin membantu para siswa agar pesan tersebut mudah diterima. Cara pertama perlu adanya pengulangan sehingga membantu siswa dalam memperkuat pemahamannya. Cara kedua adalah siswa menyebutkan kembali pesan yang disampaikan guru kepada siswa.b. Perhatian dan motivasi
Perhatian dan motivasi merupakan prasyarat utama dalam proses belajar mengajar. Ada beberapa cara untuk menumbuhkan perhatian dan motivasi, antara lain melalui cara mengajar yang bervariasi, mengadakan pengulangan informasi, memberikan stimulus baru, misalnya melalui pertanyaan-pertanyaan kepada siswa memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan keinginan belajarnya, menggunakan media dan alat bantu yang menarik perhatian siswa, seperti gambar, foto, diagram, dan lain-lain.c. Respon yang dipelajari
Keterlibatan atau respons siswa terhadap stimulus guru bisa meliputi berbagai bentuk seperti perhatian, proses internal terhadap informasi, tindakan nyata dalam bentuk partisipasi kegiatan belajar seperti memecahkan masalah, mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru, menilai kemampuan dirinya dalam menguasai informasi, melatih diri dalam menguasai informasi yang diberikan dan lain-lain.
Sumber : https://www.kajianpustaka.com/2019/09/metode-pembelajaran-tutor-sebaya.html
bet365 Casino Review 2021 | Tasty Online Casino Bonuses
BalasHapusbet365 Casino Review - Exclusive Promotions and Games — bet365 Join 제왕카지노 bet365 Casino 1XBET and get up to $1000 in bonus cash on your first deposit and a 100% match up to $
Gambling in Qatar - Casino & Sports Book
BalasHapusAll the latest casino 승인전화없는 토토사이트 비코리아 games and sports air jordan 18 retro men red good site betting odds. Sports betting, gambling on football, eSports, show to buy air jordan 18 retro toro mens sneakers poker and where can i buy air jordan 18 stockx more. 바카라게임사이트 Visit our website.
Test
BalasHapusIf the paytable showed solely 8 coins for the complete home and solely 5 for the flush, it would be a 97.3% machine. The pay tables on most video poker machines unlocks the bonus payoff for the royal flush when you hit a high hand with a 카지노사이트 five-coin wager, this bonus quantity in turn lowers the home edge. Simply enjoying in} the maximum bet permits you the most effective probability for a major win.
BalasHapus